7 alasan kenapa komputer anda sering bermasalah: macet atau hang

Category : info
7 alasan kenapa komputer anda sering bermasalah: macet atau hangby akudikaon.7 alasan kenapa komputer anda sering bermasalah: macet atau hangKetika anda sedang berselancar di web, mengetik atau bermain game, peforma computer anda yang sering down akan menganggu aktivitas anda di depan komputer. kebanyakan gangguan tersebut disebabkan karena: peforma hardware anda yang sudah tidak compatible dengan aplikasi terbaru yang banyak membutuhkan resource memory terlalu banyakmenginstall aplikasi yang tidak perlu, sehingga banyak aplikasi yang berjalan ketika […]
banner

Ketika anda sedang berselancar di web, mengetik atau bermain game, peforma computer anda yang sering down akan menganggu aktivitas anda di depan komputer. kebanyakan gangguan tersebut disebabkan karena:

  • peforma hardware anda yang sudah tidak compatible dengan aplikasi terbaru yang banyak membutuhkan resource memory
  • terlalu banyakmenginstall aplikasi yang tidak perlu, sehingga banyak aplikasi yang berjalan ketika windows baru di hidupkan
  • pengaturan sirkulasi udara casing komputer yang buruk, sehingga mengakibatkan menumpuknya debu di dalam casing komputer anda yang mengakibatkan processor anda cepat panas dan mengganggu peforma komputer anda
  • harddisk anda yang tidak pernah di defrag mengakibatkan aplikasi yang tersimoan di harddisk anda akan terasa berat untuk di jalankan

 

disini saya akan membahas segalah hal yang anda butuhkan tentang peforma komputer anda yang sering down atau hang. Anda akan dapat mengatasi masalah yang sering terjadi pada pada komputer anda dengan cara yang efektif

1. System startup

Ketika komputer anda baru di hidupkan, windows akan mengaktifkan aplikasi driver serta aplikasi yang berjalan pada start up. Semakin banyak aplikasi start up windows akan mengakibatkan proses start up windows semakin  lama. tidak semua aplikasi windows berjalan secara start up. Aplikasi windows yang berjalan start up biasanya adalah aplikasi anti virus dan aplikasi chatting

Untuk mengatasi masalah tersebut anda harus mengurangi jumlah aplikasi yang terinstal.

2. Fragment harddisk yang harus di defrag

Salah satu penyebab komputer berjalan lamban adalah harddisk anda yang tidak pernah di defrag. Karena di dalam harddisk ada banyak file yang tidak tertata secara rapi, akibatnya pada saat processor mengakses file program akan memakan waktu yang lebih lama.

Defraglah harddisk anda secara rutin minimal sebulan sekali. Harddisk yang selalu di defrag akan mencegah kerusakan harddisk anda seperti bad sector atau file windows corrupt

3. Terlalu Banyak File Temporary

Untuk mengatasi hal ini, salah satu hal terbaik yang dapat Anda lakukan adalah menghapus file Windows temp dan membersihkan browser web Anda. Sementara menghapus history pasa broeser anda dan file Internet temporary adalah sesuatu yang dapat Anda lakukan dari browser Anda, aplikasi CCleaner adalah pilihan yang baik untuk merapikan folder suhu Windows.

Cara Uninstall Dan Hapus Aplikasi Efisien penawaran Usang File dengan menggunakan CCleaner.

4. Aplikasi dihapus & Windows Registry

Bila Anda menghapus aplikasi pada Windows, uninstaller pada bawaan windows  tidak selalu menghapus segala aplikasi dari komputer Anda. Meskipun Anda dapat menggunakan utilitas Piriform CCleaner untuk menghapus perangkat lunak , uninstall history yang terekam di registry dan masalah lainnya akan menyebabkan masalah dengan Registry Windows Anda.

Registry Windows adalah seperti sebuah database besar filepaths dan sistem perintah untuk sistem operasi dan perangkat lunak yang diinstal, dan dapat menjadi rusak dan dapat mengalami kelebihan beban. hal ini akan menyebabkan peforma lambat pada komputer, kinerja yang buruk dan sangat lambat untuk menutup aplikasi.

Sekali lagi, CCleaner dapat digunakan di sini, tetapi ada alat lain yang dapat digunakan untuk memperbaiki masalah dalam Windows Registry. Ingat untuk membuat file backup registry sebelum menjalankan alat-alat yang mungkin menyebabkan masalah, bahkan jika PC Anda berjalan lambat.
5. koneksi jaringan lambat
kecepatan jaringan mungkin tidak memiliki dampak langsung pada kinerja komputer Anda, jika Anda men-download data atau mungkin menggunakan aplikasi cloud atau bahkan menggunakan aplikasi virtual remote, kecepatan jaringan yang lambat hanya akan mempengaruhi kecepatan loading dan dalam kecepatan dalam membuka aplikasi cloud.

Untuk mengatasi masalah ini, pertama periksa kabel jaringan Anda aman dan tidak rusak. Jika Anda memiliki router nirkabel, pastikan bahwa Anda memperoleh koneksi terbaik, dan menghabiskan beberapa waktu memeriksa konfigurasi pada router Anda. Anda dapat menggunakan perintah Windows prompt untuk memeriksa kecepatan koneksi internet Anda menggunakan perintah tracert.

6. Virus & Spyware

menggunakan software security akan melindungi Anda dari malware dan virus pada sistem Anda. aplikasi malware adalah salah satu alasan utama untuk kinerja sistem lambat , dan dapat berpindah diri ke komputer Anda saat Anda menginstal perangkat lunak download dari web. Malware tidak hanya datang dalam bentuk virus, worm dan Trojan, namun – ada banyak  toolbar pada browser anda dan aplikasi Facebook yang dapat dianggap sebagai malware atau menjadi penyebab malware berjalan pada komputer Anda.

Anda dapat menangani perangkat lunak berbahaya dengan memastikan  komputer Anda dilengkapi dengan anti-virus dan anti-malware yang berjalan teratur. Penghapusan malware dan virus sedikit menyita waktu, namun akan sangat mempengaruhi peforma san keamanan pada komputer anda.

7. penempatan aliran udara dan Ventilasi

itulah sebabnya mengapa mesin harus teratur untuk dibersihkan dari debu pada lubang ventilasi, pada kabel, dan pada kipas processor. Aliran udara internal komputer Anda harus sedemikian rupa sehingga prosesor, kartu grafis dan motherboard tetap dingin – jika hal ini tidak dilakukan, masalah pada peforma komputer anda akan terjadi.

kipas processor

kipas processor

Sebuah komputer harus diposisikan di daerah berventilasi, ditempatkan pada tempat relatif dingin dan  bebas debu.

 

 

Related Posts